Gambar Koala

Uncategorized no image

Published on May 4th, 2019 | by pusiba oiaa

0

FAQ; Menjadi Mahasiswa Al-Azhar Mesir

SSD (Soal Sering Ditanya) tentang PUSIBA

PUSIBA itu apa?

PUSIBA (Pusat Studi Islam dan Bahasa Arab) adalah Markaz Syaikh Zayid Kairo Cabang  Indonesia di Jakarta, dikelola oleh Organisasi Internasional Alumni Al-Azhar (OIAA) Cabang Indonesia berdasarkan perjanjian kerja sama OIAA-Indonesia dengan OIAA Pusat di Kairo pada akhir 2018. Saat ini PUSIBA fokus menyelenggarakan matrikulasi bahasa Arab bagi calon mahasiswa Al-Azhar Kairo asal Indonesia.

Mengapa calon mahasiswa harus mengikuti matrikulasi bahasa Arab dahulu?

Salah satu syarat yang ditetapkan oleh Univ. Al-Azhar bagi mahasiswa penutur bahasa asing untuk dapat mengikuti perkuliahan adalah memiliki standar tertentu kemahiran bahasa Arab yang ditandai dengan kelulusan level mahir (mutamayyiz) di Pusat Bahasa Arab Al-Azhar (Markaz Lughah atau Markaz Syaikh Zayid) Kairo.

Apa hubungan PUSIBA dengan Markaz Lughah di Kairo?

PUSIBA adalah cabang Markaz Al-Azhar Lita’lim al-Lughah al-‘Arabiyyah Lighayri an-Nathiqina Biha (Markaz Syaikh Zayid) Kairo di Jakarta.

Apakah sama matrikulasi bahasa di PUSIBA dan Markaz Lughah di Kairo?

Sama. Markaz Lughah ibarat induk, PUSIBA adalah anaknya, atau Markaz Lughah adalah pusat dan PUSIBA adalah cabangnya.

Ada berapa level kemahiran bahasa di PUSIBA?

Ada tujuh level yaitu level mubtadi’ (pemula) 1 dan 2, mutawassith (menengah) 1 dan 2, mutaqaddim (lanjut) 1 dan 2, dan level mutamayyiz (mahir).

Berapa lama masa belajarnya?

Satu level diselesaikan dalam ± satu bulan (140 jam, lima hari sepekan, lima jam sehari). Seluruh tujuh level diselesaikan dalam waktu kurang lebih tujuh bulan.

Apakah calon mahasiswa harus mengikuti kelas bahasa dari level 1?

Tidak. Calon mahasiswa dapat mengikuti kelas bahasa dari level mana saja sesuai hasil tes penentuan level atau tahdîd mustawâ (TM). Sebelum mengikuti pembelajaran, calon peserta harus mengikuti TM terlebih dahulu untuk mengetahui level kemahiran bahasanya. Semakin tinggi level hasil TM seseorang, semakin pendek masa belajarnya di PUSIBA dan, tentu saja, semakin sedikit biaya yang dikeluarkan.

Berapa biayanya?

Biaya TM adalah Rp 1.350.000, sedangkan biaya per level dengan sistem pembelajaran dalam jaringan (daring) adalah Rp 1.650.000 (sudah termasuk buku ajar dan ongkos kirim ke alamat peserta). Biaya ini mengacu pada ketentuan yang ditetapkan oleh Markaz Lughah.

Ada biaya lainkah?

Ada, yaitu sumbangan pembinaan program dan fasilitas pendidikan sebesar Rp 2.000.000 yang dibayar sekali selama masa belajar.

Adakah kemungkinan tidak naik level?

Sebagai sebuah proses pembelajaran pada umumnya, kemungkinan tidak naik level di PUSIBA tentu saja ada dan kemungkinan naik level juga ada bahkan besar. Kesungguhan belajar, tingkat kehadiran pembelajaran, dan beberapa faktor lainnya ikut menentukan kenaikan level.

Siapa yang menentukan hasil TM dan kenaikan level?

Penilaian atas ujian TM dan ujian kenaikan level adalah wewenang Markaz Lughah di Kairo.

Apa bedanya PUSIBA dengan kursus bahasa Arab lainnya di Indonesia?

PUSIBA adalah kelas khusus matrikulasi bahasa Arab bagi calon mahasiswa Al-Azhar asal Indonesia yang standar kemahiran bahasanya diakui untuk mengikuti perkuliahan di Univ. Al-Azhar.

Apa keunggulan PUSIBA?

Di antaranya: (a) tenaga pengajarnya adalah penutur jati (native speaker) Mesir didampingi tenaga pengajar Indonesia yang sudah lulus pelatihan pengajaran bahasa Arab di Markaz Lughah; (b) ifâdah (surat keterangan lulus) PUSIBA dikeluarkan oleh Markaz Lughah Kairo.

Ketika sudah diterima di PUSIBA, bolehkah saya mengikuti penguatan bahasa Arab di tempat lain pada saat bersamaan?

Boleh sejauh jam KBM-nya tidak bersamaan dan kamu bisa memastikan mengikuti perkuliahan PUSIBA dengan baik. Jam perkuliahan di PUSIBA (11.00–16.00 WIB) tidak bisa ditawar-tawar. Di samping itu, kamu juga harus memastikan dapat mengerjakan tugas-tugas (PR) yang diberikan oleh guru PUSIBA.

Bolehkah calon mahasiswa mengikuti kelas bahasa Arab di Kairo?

Boleh. Calon mahasiswa bebas memilih mengikuti kelas bahasa di Jakarta (PUSIBA) atau di Kairo (Markaz Lughah).

Apa perbedaan kelas bahasa di Kairo dan di Jakarta?

1. Di Jakarta, TM dilakukan dua kali dalam setahun, yaitu Mei dan Oktober, sedangkan di Kairo dilakukan kapan saja tergantung kebijakan Markaz Lughah.

2. Di Kairo ada program matrikulasi untuk kuliah di Al-Azhar dan ada program umum, di Jakarta hanya ada program matrikulasi untuk kuliah di Al-Azhar.

3. Di Jakarta, peserta boleh mengikuti kegiatan belajar-mengajar (KBM) walaupun belum terdaftar di Univ. Al-Azhar, sedangkan di Kairo, peserta harus sudah terdaftar di Univ. Al-Azhar baru boleh mengikuti KBM.

Pendaftaran kuliah di Al-Azhar kapan?

Biasanya bulan September.

Berarti saya baru bisa ikut KBM di Kairo setelah September?

Ya, jika program yang kamu ikuti adalah program matrikulasi untuk kuliah di Al-Azhar. Jika yang kamu ikuti adalah program umum, kamu dikenakan tarif biaya umum juga (sebesar US$ 100), bukan tarif mahasiswa (LE 750).

Kok di Jakarta kita sudah boleh ikut matrikulasi bahasa sebelum terdaftar kuliah?

Itulah keistimewaan yang diberikan oleh Markaz Lughah kepada PUSIBA: pesertanya sudah boleh mengikuti KBM sebelum terdaftar kuliah. Sambil mengikuti KBM di PUSIBA, peserta didaftarkan kuliah di Al-Azhar ketika pendaftaran sudah dibuka yang biasanya pada bulan September. Dengan demikian, begitu calon mahasiswa lulus di level terakhir dan berangkat ke Kairo setelah didaftarkan kuliah, dia bisa langsung mengikuti perkuliahan pada tahun itu juga. Tidak perlu membuang waktu satu tahun.

Terkait pendaftaran di PUSIBA, apakah benar hanya mereka yang lulus seleksi Kemenag yang boleh mendaftar?

Ya, benar, sesuai kebijakan Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) Kementerian Agama (Kemenag) RI.

Bagaimana cara mengikuti seleksi Kemenag tahun 2021?

Semua hal terkait seleksi calon mahasiswa Timur Tengah (Mesir dan Maroko) tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Kemenag RI, dapat kamu ketahui melalui website resmi Direktorat PTKI Kemenag RI.

Jika saya langsung berangkat ke Kairo setelah dinyatakan lulus seleksi Kemenag, bisakah saya langsung ikut kelas bahasa di sana?

Bisa, tetapi dikenakan biaya umum sebesar US$ 100, karena kamu belum terdaftar sebagai mahasiswa, sedangkan jika kamu sudah terdaftar sebagai mahasiswa, biaya KBM-nya LE 750. Persoalannya, status “sudah terdaftar” itu baru bisa diperoleh setelah bulan September, karena pendaftaran kuliah Al-Azhar baru dibuka pada bulan itu.

Apakah jika mengikuti PUSIBA saya bisa langsung kuliah pada tahun yang sama?

Bisa. Syaratnya kamu harus memperoleh minimal level 3 (mutawassith 1) pada TM bulan Mei agar pada September tahun yang sama kamu sudah selesai level mutamayyiz. Jika hasil TM kamu level 1 atau 2, kamu baru bisa didaftarkan kuliah pada tahun berikutnya karena pada saat pendaftaran kuliah dibuka (September), kamu belum selesai level mutamayyiz.

Kapan pendaftaran PUSIBA dibuka?

Pendaftaran TM PUSIBA dilakukan dua kali dalam satu tahun, yaitu Mei dan Oktober. Pendaftaran TM Mei 2021 insyaallah akan dibuka pada 10 Mei 2021, dan KBM-nya dimulai Juni 2021. Terkait hal ini, ada pengumuman tersendiri dan terpisah.

Materi apa saja yang diujikan dalam TM PUSIBA?

Materi TM PUSIBA meliputi empat kemahiran berbahasa (kemahiran mendengar, berbicara, membaca, dan menulis) atau mahârât al-istimâ‘, al-kalâm, al-qirâ’ah, dan al-kitâbah, dari tingkat yang paling mendasar dan mudah sampai tingkat yang sulit.

Kalau konten pelajaran selama KBM di PUSIBA, apa saja?

Yang dipelajari di semua level PUSIBA adalah empat kemahiran berbahasa Arab tadi. Kemahiran-kemahiran itu tidak diajarkan secara tersendiri dan terpisah dari yang lain, melainkan dikemas secara terpadu dalam naskah tertulis maupun naskah audio-video. Meski demikian, konten dari naskah-naskah tersebut tidak lepas dari kekhasan studi Islam di Al-Azhar (moderasi Islam, mazhab-mazhab fikih dan teologi Islam, tokoh pembaru muslim), sejarah, budaya, dan sebagainya.

Apakah KBM PUSIBA tahun 2021 berlangsung secara daring atau luring?

KBM PUSIBA angkatan ke-5 (Juni 2021) berlangsung secara dalam jaringan (daring) sebagaimana angkatan ke-4, melalui aplikasi Zoom, dengan pengajar langsung dari Kairo. Dengan begitu, jam pembelajaran mempertimbangkan perbedaan waktu lima jam antara Jakarta dan Kairo (Jakarta lebih dahulu) di samping perbedaan waktu antara WIB, WITA, dan WIT. Namun begitu, sistem pembelajaran ini bisa saja berubah sewaktu-waktu mengikuti kebijakan pemerintah Indonesia dan/atau pemerintah Mesir terkait Covid-19.

Apakah PUSIBA mengurus pendaftaran masuk ke Univ. Al-Azhar?

Tidak. Pengurusan pendaftaran kuliah di Al-Azhar dan hal-hal terkait dengannya dilakukan oleh lembaga tersendiri di bawah OIAA-Indonesia yang bernama Lembaga Informasi dan Konsultan Studi (LinKS).

Bagikan Informasi


About the Author



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑