Gambar Koala

PROFILE PUSIBA

A. Pendahuluan

  1. Minat putra-putri Indonesia untuk studi di Universitas Al-Azhar Kairo selalu meningkat dari tahun ke tahun. Tetapi, minat tersebut tidak selalu dibarengi dengan kemampuan bahasa Arab yang baik dan kesiapan finansial yang memadai.
  2. Sejak tahun 2015 Universitas Al-Azhar mensyaratkan bagi setiap mahasiswa baru (maba) untuk mengikuti ujian kompetensi bahasa (tahdîd mustawâ). Sejauh ini, hasil tahdîd mustawâ maba asal Indonesia masih di bawah standar, sehingga di tahun pertama harus mengikuti matrikulasi bahasa.
  3. Melihat kasus-kasus yang terjadi belakangan ini, masa tunggu kuliah satu tahun sambil menyelesaikan matrikulasi bahasa rawan terjadi berbagai persoalan terkait ekonomi, sosial, keamanan, keimigrasian dan lainnya.
  4. Pusat Studi Islam dan Bahasa Arab (Pusiba) Organisasi Internasional Alumni Al-Azhar (OIAA) cabang Indonesia adalah Pusat Bahasa Arab Al-Azhar cabang Indonesia yang diresmikan oleh Deputi Grand Syeikh Al-Azhar, Syeikh Shaleh Abbas, dan Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin pada tanggal 29 Juli 2019, sebagai cabang pertama di luar Mesir. Melalui PUSIBA calon mahasiswa dapat menyelesaikan matrikulasi bahasa di tanah air dan mengikuti kuliah di tahun berjalan, serta terhindar dari permasalahan selama masa tunggu kuliah.

B. Tujuan

PUSIBA bertujuan:

  1. Mempersiapkan kemampuan dan keterampilan berbahasa Arab yang dibutuhkan calon mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan di Universitas Al-Azhar sebelum tiba di Mesir.
  2. Mengatasi berbagai potensi permasalahan yang terjadi selama satu tahun masa tunggu kuliah di Mesir untuk menyelesaikan kelas bahasa.
  3. Memperkuat kesiapan mental dan membuka wawasan keislaman dan kebangsaan calon mahasiswa sesuai manhaj Al-Azhar.

C. Kurikulum dan Metode

  1. Kurikulum, metode pengajaran, buku ajar dan tenaga pengajar mengikuti standar yang ditetapkan oleh Markaz Syeikh Zayd li Ta`limil lughoh alArabiyah li Ghayr al-Nâthiqîn bihâ Al-Azhar, di Kairo
  2. Kelas bahasa terdiri dari tujuh level; 1) mubtadi awwal, 2) mubtadi tsânî, 3) mutawassith awwal, 4) mutawassith tsâni, 5) mutaqaddim awwal, 6) mutaqaddim tsânî, dan 7) mutamayyiz. Setiap level diselesaikan dalam satu bulan.
  3. Penentuan kelas berdasarkan hasil ujian tahdîd mustawa (placement test).

D. Tenaga Pengajar

Selama mengikuti program peserta diajar dan dibimbing langsung oleh para pengajar asal Mesir dan yang mendapat sertifikat pengajaran bahasa Arab dari Pusat Bahasa Arab di Mesir.

E. Kalender Akademik

Untuk tahun akademik 2020-2021 dibuka kelas sebagai berikut:

  1. Angkatan III : Tahdid Mustawa pada bulan  Juni 2020. Kegiatan belajar mulai  Juli 2020 sd November 2020. Mengikuti perkuliahan di tahun akademik 2019-2020
  2. Angkatan IV : Tahdid Mustawa pada bulan  Oktober 2020. Kegiatan belajar dimulai Desember 2020 sd Mei 2021. Akan mengikuti perkuliahan di tahun ajaran 2021-2022.

F. Tempat:

  • Pada angkatan ke-4 pembelajaran PUSIBA dilaksanakan secara Online

G. Peserta dan Cara Pendaftaran

  • Peserta kelas bahasa PUSIBA adalah calon mahasiswa Universitas Al-Azhar Mesir
  • Peserta yang telah lulus ujian setiap level hingga mutamayyiz (level 7) akan mendapatkan sertifikat yang dapat digunakan untuk langsung mengikuti perkuliahan di Universitas Al-Azhar.
  • Pendaftaran dilakukan dengan mengisi formulir melalui website pusiba.com/pendaftaran dan membayar biaya ujian tahdîd mustawa sebesar Rp 1.350.000.

H. Biaya Pendidikan

  • Biaya pendidikan untuk setiap level sebesar Rp 1.625.000
  • Pembayaran PUSIBA dapat ditransfer melalui Bank BNI Cab. Ciputat Nomor Rekening: 8061968868 An/Alumni Al-Azhar International Indonesia.

Bagikan Informasi

Comments are closed.

Back to Top ↑